Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Sunday, November 4, 2012

Widgets

Mengapa komputer hang?


Tanggal 7 Juli 2012 sekitar jam 22 WIB pada saat saya sedang bekerja menggunakan komputer, tiba-tiba komputer saya "Hang", padahal hasil pekerjaan sebagian belum saya simpan. Mouse tidak lagi berfungsi begitu juga dengan keyboard. Saya coba reset komputer dan apa yang saya dapati adalah sesuatu yang tidak pernah saya harapkan sebelumnya karena ternyata komputer saya tidak bisa log in ke windows.Karena sudah malam akhirnya komputer saya matikan.

Paginya saya coba menghidupkan kembali komputer saya berharap komputer akan normal kembali, ternyata tidak bisa
running secara normal, komputer saya berhenti, pada posisi "Save Mode". Saya matikan komputer saya dan saya buka cassing dan memeriksa Hardware-y, RAM saya bersihkan dan saya pasangkan kembali. Kemudian saya nyalakan komputer tapi tetep saja yang keluar hanyalah screen pilihan save mode.









 

Saya jalankan opsi start windows normally, hasilnya tetep nihil.

Saya putuskan untuk membersihkan semua komponen hardware CPU saya yang sudah lama tidak dibersikan. Semua saya lepas; Main Board, PSU, dll. Satu per satu saya bersihkan sehingga semua kembali terlihat baru, :). Capek juga, minum dulu ah...

Setelah semua bersih kemudian saya rakit kembali seperti semula, dan saya coba nyalakan kembali komputer saya. Ternyata masih belum bisa, masih pada posisi save mode. Sambil garuk-garuk kebingungan saya matikan kembali komputernya. Tidak ada kata menyerah saya coba bongkar kembalai CPU-nya.

Setelah proses bongkar yang ke-3, saya putuskan untuk membuka juga processor dari socket-nya. Ternyata pasta processornya sudah kering sama sekali bahkan sudah tak ada bekasnya-pun. "Pantas saja", (dalam hati saya bergumam).

Saya bersihkan permukaan IHS ( Integrated Heat Spreader )-nya dan saya kasih pasta. kemudian saya pasang kembali semuanya. Setelah semua selesai, saya pun mencoba kembali menghidupkan komputer saya. Saat tombol power saya tekan, cet... malah tidak ada respon (lampu powernya tidak nyala). "wah, ada perubahan nich", kata saya sendiri (karena tidak ada temen yang mbantu). "Kalau seperti ini, paling RAM-nya yang tidak konek", lanjut saya.

Setelah RAM-nya saya bersihkan dan saya pasang...
taraaaammmm......
komputernya sudah bisa normal kembali..

Demikianlah pengalaman saya, Semoga dapat bermanfaat untuk semua..

 


SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 komentar: